Jumat, 05 Oktober 2012

sun in time(s)



sekitar sebulanan yang lalu, banyak berita di televisi yang mengabarkan mengenai kekeringan yang teradi di seluruh Indonesia yang tengah memasuki musim panas. dampak nyata nya baru beberapa hari blakangan ini saya rasakan yang ditandai dengan suhu udara yang meningkat drastis. satu lagi yang saya perhatikan, adalah matahari yang kerap muncul "telanjang" tanpa ditemani awan,, benar-benar tanpa awan. dan berhubung matahari sedang "narsis" dan suka menunjukan diri pada kita, kenapa tidak kita abadikan lewat foto?? :)

tiga foto diatas secara kebetulan saya ambil pada hari yang sama yaitu kemarin lusa dari satu spot yang sama, yaitu lantai dua ruko saya di daerah Gianyar, Bali. foto pertama dan kedua saya ambil menggunakan focal length yang cukup lebar, yaitu 18mm sedangkan foto yang terakhir saya ambil menggunakan lensa tele dengan focal mencapai 300mm. untuk setting, karena ketiga foto tersebut saya ambil tanpa persiapan, dalam artian saya tidak tau akan ada matahari secantik itu hari itu, maka setting kamera terletak pada mode P (program) yang biasa saya gunakan untuk sebagian besar situasi pemotretan, dengan exposure bias sekitar +1.3EV. kecuali untuk foto kedua saya masih sempat menngubah mode kamera ke aperture priority dan men set bukaan di bukaan terkecil yaitu f/22 untuk mendapatkan ruang tajam maksimal. ketiga foto ini saya sempurnakan menggunakan aplikasi adobe lightroom untuk makin mempercantik hasil akhir nya.

ketiga foto di atas menunjukan betapa cantik dan beragam nya cahaya dan warna yang dihasilkan matahari dari waktu ke waktu, karena itu matahari dan terutama cahaya nya masih memiliki sangat banyak potensi untuk diabadikan dalam bentuk foto :)
bagi yang ingin mendapatkan foto2 di atas dalam ukuran yang lebih besar, untuk wallpaper laptop mungkin, bisa menghubungi saya melalui email di sini. enjoy :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar