Minggu, 12 Agustus 2012

Dosman on Gerak Jalan

ladies first
pada tanggal 6 n 7 agustus kemarin, gianyar disemarakan oleh suatu perhelatan akbar antar SMA/SMK/MA yang populer dengan sebutan "Gerak Jalan". acara ini biasa diadakan setiap tahun oleh pemerintah kota Gianyar dalam rangka memeriahkan rangkaian peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus. well, selain gerak jalan, ada juga event serupa yang disebut LKBB, atau Lomba Keterampilan Baris Berbaris. banyak yang salah persepsi dan sering tertukar antara dua event ini. walaupun memiliki dasar yang sama, tapi kedua lomba ini memiliki perbedaan. Gerak Jalan menekankan pada ketahanan serta ketepatan tim untuk dapat menempuh jarak tertentu dengan barisan yang sebaik-baik nya, jadi event ini dilaksanakan pada sebuah sirkuit atau trek (jalan raya). sedangkan LKBB, lebih menekankan pada kekompakan dan keindahan barisan yang dituangkan dalam manufer-manufer baris berbaris yang dilakukan pada suatu area tertentu, jadi arena nya berupa daerah/persegi. selain itu juga masih banyak perbedaan yang lain nya :p

keeping line

flag carier

foto pada post ini adalah foto kontingen SMAN 1 Gianyar pada perlombaan gerak jalan tingkat kabupaten Gianyar yang sudah saya sebutkan tadi di atas. perlombaan ini terdiri dari dua nomor, yaitu nomor gerak jalan putra dan gerak jalan putri. saya sempat memotret kedua nya, walalupun untuk gerak jalan putri saya hanya memotret dari satu spot dan langsung pulang karena ada keperluan yang mendesak. untung nya, esok hari nya saya mendapat banyak waktu untuk memotret kontingen putra, jadi saya mendapat cukup banyak foto dengan beragam momen.


on going

almost there
well, memotret gerak jalan ini adalah pengalaman yang menarik bagi saya, karena tingkat kesulitan yang saya hadapi cukup tinggi, apa lagi saya masih newbie --". salah satu kesulitan yang saya hadapi adalah sulit menentukan spot yang tepat. penonton yang berlalu lalang dan rombongan kendaraan yang tumpah ruah menjadikan saya sulit untuk mendapat gambar yang clear. pernah suatu ketika, 3 kontingen sekolah lain dapat saya foto dengan baik pada suatu spot, namun kemudian saya tidak bisa memotret kontingen sekolah saya karena mereka dikelilingi kendaraan dengan sangat rapat. semua nya sangat tidak bisa diprediksi. faktor pencahayaan juga menjadi masalah riskan, karena kita tidak mungkin menggunakan flash dan tidak mungkin merubah arah tim gerak jalan hanya agar muka mereka menghadap matahari --"

finnaly, passing the line

terharu
saya memotret acara ini bersama teman saya, Yudik Suryawan. memotret berdua sangat membantu saya dalam menghadapi segala rintangan yang ada, karena kami dapat memotret dari dua spot berbeda, kami juga dapat berpindah spot lebih cepat dengan menggunakan satu motor bedua dan saya dapat tetap memotret dari atas motor sementara teman saya mengendarai motor nya. dan yang terpenting, saya mendapat teman untuk bersenda gurau :D. kami berpindah tempat terus menerus mengikuti jalur gerak jalan yang telah ditentukan dan menentukan bahwa spot terakhir kami adalah di garis finish. foto yang saya beri keterangan "almost there" adalah foto tim gerak jalan SMA saya pada 20 meter terakhir sebelum garis finish.
narsism

bina rangka
setelah melewati garis finish, melakukan "ritual" terakhir, dan tos bersama, kontingen gerak jalan kami pun membubarkan barisan dan memasuki Lapangan Hastina untuk beristirahat, konsolidasi dan sebagainya. saya memotret beberapa momen penuh emosi saat itu, termasuk foto bersama mereka yang terkesan "free"
together

Tidak ada komentar:

Posting Komentar