Senin, 15 Oktober 2012

sore hari di pantai lebih

 di daerah saya, yang notabene belum termasuk daerah wisata, terdapat sebuah pantai yang cukup terkenal di kalangan warga setempat, pantai Lebih namanya (Lebih beach, yeah, it's a name). beberapa hari yang lalu saya berkesempatan kesana untuk pembuatan film yang merupakan tugas dari pelajaran Bahasa Bali di sekolah saya (amazing bukan?). beberapa kali saya mencuri kesempatan untuk memotret, dan ternyata objek yang menarik perhatian saya bukan pantainya, tetapi matahari dan serangkaian subjek yang membuat efek siluet yang indah.


construction

grandpa and his grandchild

cahaya matahari musim panas yang terik memudahkan saya membuat foto siluet di atas. pengaturan kamera saya set pada mode P dan matering saya arahkan ke sinar matahari, untuk membuat subjek terlihat gelap. foto pertama memiliki makna tersendiri bagi saya, karena alat berat dan pekerja konstruksi yang saya potret saat itu sedang menyusun batu pemecah ombak anti abrasi, untuk mencegah abrasi yang sebenarnya sudah sangat parah. dulu saya harus berjalan sekitar 75 meter dari gapura menuju bibir pantai. sekarang hanya tak kurang dari 10 meter lahan berpasir yang dapat saya lalui sebelum mencapai batu anti abrasi.

foto kedua saya ambil saat hari sudah cukup sore, tepat pada golden hours. saya benar-benar beruntung dapat memotret momen ini, karena secara tidak sengaja saya berada pada sudut yang tepat dengan momen yang tepat di depan saya, dan untungnya saya berhasil menekan shutter kamera pada saat yang tepat.

kedua foto diatas sudah saya naikan saturasi nya untuk mendapatkan warna yang lebih hidup. saya menyarankan untuk merekam gambar anda dalam bentuk RAW, terutama jika anda berencana membuat foto indah dan artistik. gambar RAW memang memakan lebih banyak tempat dari pada JPEG (rata-rata 15mb per foto) namun akan menghasilkan gambar dengan kualitas maximal dan memudahkan kita dalam memperindah nya di komputer. aplikasi yang biasa saya gunakan saat ini adalah adobe lightroom 4.1

narsis one

narsis two
selain foto siluet, saya juga mencoba-coba tehnik memotret dengan flash diluar hotshoe, atau yang biasa disebut strobist. dua foto diatas adalah foto yang menurut saya cukup baik untuk ditampilkan. sebenarnya ada dua orang laki-laki yang ikut bersama kami, tapi nampaknya mereka tidak senarsis teman-teman wanita nya. foto di atas saya ambil saat matahari mulai pelan-pelan meredup, namun belum sepenuhnya menghilang, dan sekali lagi saya menaikan saturasi dari gambar di atas untuk menciptakan kesan lebih colorfull. enjoy :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar